Mengapa Padu Padan Kata?

By Padu Padan Kata - 12:17 AM


Mengapa ber-padu-padan? Secara tidak disadari, mencari-cari kecocokan adalah fitrah dalam diri manusia. Manusia selalu merasa bahwa kecocokan adalah sebuah hal absolut yang selalu diagung-agungkan,

Biar orang bilang ini tidak cocok, itu tidak cocok, bagiku cocok-cocok saja.

Biar orang bilang ini cocok, itu cocok, bagiku tidak cocok sama sekali.

Padu padan juga bicara soal selera. Tidak ada yang bisa dipaksakan dan tidak ada yang bisa memaksakan. Terkadang sama, terkadang berbeda. Padu padan adalah kebebasan manusia berekpresi dalam tatanan yang paling dasar. Jadi padu padanku mungkin akan sama ataupun berbeda dengan padu padan versimu.

Mengapa kata? Kata merupakan anugerah terbesar manusia yang tersebar secara abstrak dan serba dinamis. Kata tatkala sendiri hanya mewakili satu makna (atau lebih apabila memang memiliki beragam makna). Keajaiban bermula ketika kata bertemu kata lainnya menjadi kata-kata. Kata-kata berkumpul, mengumpulkan makna baru menjadi sebuah kalimat. Kalimat-kalimat berpadu dalam satu kesatuan menjadi paragraf hingga menelurkan satu tulisan.

Memadumadankan kata adalah proses kreasi. Proses kreasi yang dilandasi atas rasa penasaran akan apa yang akan terjadi setelahnya. Semuanya akan terungkap sesudah kata-kata dirasa menemui akhir perjalanan. Mudah? Bisa jadi. Sulit? Bukan tidak mungkin.



Halah kentut, ngomong apa sih. Monggo dipersilakan membaca sajian tulisan-tulisan yang bagi saya cocok-cocok saja walaupun mungkin kalian merasa tidak cocok. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments